Published On: Sab, Des 22nd, 2012

Porprov Jateng 2013

PURWOKERTO – Cabang sepakbola pada ajang Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah (Porprov Jateng) 2013 bakal digelar di dua stadion. Alasannya, Kabupaten Banyumas yang ditunjuk sebagai tuan rumah hanya memiliki satu stadion, sehingga membutuhkan satu stadion lagi agar pada babak penyisihan grup bisa berjalan lancar.

Ketua Harian KONI Banyumas Sukardi mengatakan, cabang sepakbola pada Porprov Jateng 2013 diikuti delapan kabupaten/kota. Pada babak penyisihan dibagi dalam dua grup, masing-masing grup terdiri 4 tim

“Grup A mainnya di Stadion Satria Purwokerto, Grup B mainnya di Stadion Goentoer Darjono Purbalingga. Jadi untuk babak penyisihan digelar di dua tempat,” katanya, Jumat (14/12/2012).

Salah satu kandidat Ketua KONI Jateng ini menambahkan, dua tim terbaik (juara dan runner up grup) masing-masing grup berhak melenggang ke babak semi final. “Untuk babak semifinal dan final nantinya digelar di Stadion Satria Purwokerto. Cabang futsal semuanya dipusatkan di Purwokerto,” imbuhnya.

Lebih lanjut Sukardi mengakui, tidak semua cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang pesta olahraga terbesar di Jateng ini dipusatkan di Banyumas. Dari 39 cabang yang dipertandingkan, setidaknya ada 6 cabang yang digelar di kabupaten tetangga. Misalnya, golf digelar di Cilacap, Aeromodeling, Ganotole dan Paralayang di Purbalingga, sementara Dayung di Brebes.

Sebenarnya untuk dayung, Kabupaten Banyumas memiliki venue yang tepat, yakni di Sungai Serayu yang terletak di Kecamatan Kebasen. Namun, sungai terbesar di Eks Karesidenan Banyumas itu pada saat lomba resmi digelar pada Oktober 2013 mendatang, kemungkinan arusnya besar atau banjir sehingga membahayakan atlet.

“Ada juga wacana digelar di Bengawan Adiraja Cilacap. Namun, akhirnya untuk cabang dayung digelar di Waduk Penjalin, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. DI cabang ini ada 4 nomor yang dilombakan yakni Kano, Rowing, Kayak dan Perahu Naga,” jelas Sukardi.

Dosen Unsoed Purwokerto ini menambahkan, selain 6 cabang digelar di luar kawasan tuan rumah, masih ada 2 cabang yang sampai saat ini belum mendapatkan kepastian lokasinya. Kedua cabang tersebut yakni cabang renang dan atletik. “Kami berusaha semaksimal mungkin agar dua cabang tersebut tetap digelar di Banyumas. Kalau pun tetap tidak ada, lokasinya harus berada di wilayah Eks Karesidenan Banyumas,” tegasnya.

Cabang olahraga yang digelar di luar Banyumas

Golf : Cilacap

Dayung : Brebes

Aeromodeling : Purbalingga

Gantole : Purbalingga

Paralayang : Purbalingga

Renang : Masih belum jelas

Atletik : Masih belum jelas

About the Author

admin -

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Masigab.Net adalah Portal Informasi Brebes, kami menyajikan informasi seputar Brebes dan sekitarnya dalam media internet.